Rabu, 03 Oktober 2012

DRAFT RENCANA INVESTASI KEHUTANAN INDONESIA

DRAFT
RENCANA INVESTASI KEHUTANAN INDONESIA

DALAM KERANGKA FOREST INVESTMENT PROGRAM (FIP)


Program Investasi Kehutanan atau Forest Investment Programme (FIP) merupakan salah satu dari program pendanaan strategis terkait perubahan iklim yang berada dibawah Climate Investment Funds (CIF). FIP mendukung upaya negara-negara berkembang untuk mengurangi deforestasi dan degradasi hutan (REDD) serta meningkatkan pengelolaan hutan berkelanjutan (SFM) yang mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan melindungi serta meningkatkan simpanan carbon (carbon stock). 


Indonesia merupakan salah satu dari 8 (delapan) negara percontohan (pilot country) yang berpartisipasi dalam FIP dan telah mendapatkan komitmen pendanaan dengan alokasi pendanaan FIP hibah sebesar 37,5 juta US$ (53.6%) dan pinjaman lunak sebesar 32,5 juta US$ (46,6%).



Saat ini Pemerintah Indonesia bersama dengan Multi Development Banks/MDBs (World Bank, ADB dan IFC) sedang menyusun Rencana Investasi Kehutanan (Forest Investment Plan) Indonesia yang dilakukan melalui proses dialog dan konsultasi dengan berbagai pihak yang difasilitasi oleh Dewan Kehutanan Nasional (DKN)khususnya Komisi 4 Bidang Lingkungan dan Perubahan Iklim. Sesuai dengan pedoman penyusunan Rencana Investasi FIP, maka dokumen Rencana Investasi Kehutanan akan dipublikasikan untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak. Rencana Investasi Kehutanan yang dipublikasikan ini merupakan perbaikan dari rancangan rencana investasi FIP yang telah dipublikasikan pada bulan Maret 2012. Selanjutnya kami sangat mengharapkan masukan atas draft Rencana Investasi Kehutanan ini. Masukan  dapat dilakukan melalui email indonesia.fip@gmail.com, dengan memberikan identitas yang jelas (nama dan lembaga). Alamat e-mail indonesia.fip@gmail.com akan terus digunakan sebagai jalur online untuk memberikan masukan, saran dan tanggapan Rencana Investasi Kehutanan.  Alamat e-mail ini dikelola oleh Pusat Kerjasama LuarNegeri, Sekretariat Jenderal Kementerian Kehutanan.  Kami mengharapkan masukan dapat diterima selambat-lambatnya pada tanggal 10 Oktober 2012.
Demikaian disampaikan dan atas perhatian serta kerjasamanya diucapkan terima kasih.


Jakarta 26 September 2012


TIM FIP-Indonesia

http://www.dephut.go.id/index.php?q=id%2Fnode%2F8614

  • Web
  • PUSAR Banggai (Pusat Studi Advokasi Rakyat)